
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi membuka acara KOBAR di Alun Alun M. Hasibuan, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (26/7/2023). HUMAS
KOBAR dan Pelayanan Publik Kecamatan Bekasi Gelar 49 Pelayanan di Alun Alun M. Hasibuan Kota Bekasi
KOTA BEKASI - Kecamatan Bekasi Selatan melalui Kelurahan Marga Jaya adakan Kongkow Bareng (KOBAR) dan Pelayanan Publik yang menjadi rutinitas setiap bulan digelar di Alun Alun M. Hasibuan Kota Bekasi dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi membuka acara tersebut didampingi Camat Bekasi Selatan, Karya Sukma beserta Lurah se Kecamatan Bekasi Selatan.
Camat Bekasi Selatan melaporkan bahwa kegiatan kongkow bareng dan pelayanan publik ini sudah berjalan setiap bulan di Kelurahan se Kecamatan Bekasi Selatan. Sudah berjalan di 4 Kelurahan dan tersisa 1 Kelurahan yakni di Kelurahan Kayuringin bulan depan.
Ia paparkan, sebanyak 49 pelayanan pada acara kongkow bareng di Alun Alun M. Hasibuan Kota Bekasi Kelurahan Marga Jaya, terkoordinasi dengan pihak-pihak pelayanan dari Polres Metro Bekasi, Pegadaian, Samsat, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, KPP Pratama, juga beberapa perangkat daerah yang melibatkan pelayanan untuk warga.
Rangkaian pada hari ini juga ditampilkan para penari dan drama oleh para pelajar SD Negeri di Kelurahan Marga Jaya, juga terdapat beberapa stand UMKM untuk warga yang ingin berbelanja makanan ataupun membeli produk unggulan.
Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto dalam sambutannya memberikan apresiasi karena Langkah tersebut sebuah inovasi pelayanan publik untuk pengurusan administrasi diri warga, sebab tidak perlu repot mengurus di kantor langsung, datang ke pelayanan KOBAR dan langsung dilayani, dan pelayanan sesuai dengan prosedur.
Ia juga paparkan, di Kota Bekasi melalui Kecamatan lainnya juga sudah mulai bergerak dalam pelayanan publik, juga dirangkai dengan adanya penjualan UMKM untuk pergerakan ekonomi warga dan mengenalkan produk unggulan warga.
"Pelayanan tersebut juga dihadirkan pada pelayanan malam ataupun di weekend, karena setiap warga pasti juga sibuk pada hari kerja dengan maksud mempermudah digelar pelayanan tambahan agar warga tidak susah mengurus keperluan administrasi data diri."kata Tri.
Tri juga menyarankan kepada Camat dan Lurah untuk membuat terobosan dalam mengembangkan UMKM di wilayah masing-masing dengan memberikan setiap warga berupa kupon yang bisa dibelanjakan ke stand stand bazaar UMKM, sehingga tidak perlu lagi ada snack ataupun nasi box, gunanya untuk membeli pada gelaran UMKM yang ada di setiap tenda acara.
"Mari kita manfaatkan secara bersama sebuah inovasi yang bergerak dalam mempermudah pelayanan warga, dan saya berterima kasih telah menggelorakan setiap pelayanan untuk membentuk pelayanan prima di Kota Bekasi."ujar Tri.
Pada kesempatan yang sama, Plt. Wali Kota Bekasi juga mengingatkan kepada tiap warga yang hadir, untuk mengikuti lomba menyanyikan lagu kerukunan umat beragama Kota Bekasi yang hadiahnya bisa bermanfaat, karena Kota Bekasi telah meraih juara 3 nasional dalam kerukunan umat beragama dan harus diterapkan di setiap Kecamatan se Kota Bekasi.
Usai sambutan, Tri bersama Camat dan Lurah menghampiri setiap pelayanan publik di stand stand, terlihat warga pun antusias dalam mengurus administrasi diri. (adv)