
Program Literasi Digital Kementerian Kominfo 2021 digelar bagi masyarakat di Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, Kamis (29/7/2021).
Tips Menjadi Sultan Era Digital
LABUHAN BATU - Program Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) 2021 digelar bagi 600 an peserta di Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, Kamis (29/7/2021).
Gubsu H. Edy Rahmayadi selaku pembicara kunci memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform.
Siti Nabilah (Praktisi Pendidikan), pada sesi Kecakapan Digital memaparkan tema 'Digital world in the classroom : Kemampuan literasi digital yang wajib dimiliki guru generasi alpha.
Contoh kegiatan literasi digital di sekolah berupa penyediaan kelas virtual dan berkomunikasi dengan warga sekolah menggunakan teknologi digital.
"Kompetensi literasi digital yang perlu dimiliki guru ialah, manajemen informasi, kolaborasi, komunikasi dan berbagi pengetahuan dan etika, serta evaluasi dan penyelesaian masalah,"sebutnya.
Dilanjutkan dengan sesi Keamanan Digital, Virienia Puspita (Senior Lecturer Binus University) mengangkat tema 'Dunia Maya dan Rekam Jejak Digital.
"Jejak digital adalah data yang tertinggal setiap kali seseorang menggunakan layanan digital, atau seseorang memposting informasi tentang orang itu ke forum digital, seperti jejaring sosial,"jelasnya.
Sesi Budaya Digital, Aprianto (Kepala Seksi Pembina SMK Cabang Dinas Pendidikan Rantauprapat) menjabarkan alasan dan saran menabung penting untuk kehidupan, diantaranya menabung untuk kondisi darurat, menabung untuk liburan, menabung demi masa depan, menabung untuk menghasilkan banyak uang, serta menabung agar tidak stress dikemudian hari.
Narasumber terakhir pada sesi Etika Digital, Zulfikar (Pengamat Komunikasi Pendidikan) mengangkat tema 'Etika pelayanan dalam berbisnis digital.
"Perkembangan teknologi informasi berbasis digital yang semakin pesat turut mempengaruhi cara pandang dan perilaku kehidupan manusia manjadi malas, apatis, konsumtif, dan hedon.
Etika pelayanan bisnis di media digital antara lain, komunikatif dalam pemasaran, jujur dengan memberikan foto asli produk yang dijual, sesuaikan estimasi waktu dalam deskripsi dengan situasi stock barang, bersikap rendah hati dan membuka diri untuk dikritik dan dipuji, serta bertanggung jawab dengan memberikan pelayanan yang terbaik terhadap komplain konsumen dengan mengganti produk atau pengembalian uang," jelasnya.
Webinar diakhiri oleh Gabby Mahalani (Owner Sukakopi dan Influencer) menyimpulkan, strategi mendampingi anak menggunakan teknologi digital meliputi, membuat kesepakatan dengan anak menggunakan gawai, menjalin komukasi positif, mendampingi dan memantau aktivitas anak dalam menggunakan media sosial, serta menunjukan teladan yang baik dan positif.
Cara mengelola jejak digital yang tertinggal, antara lain ketahui seperti apa jejak digitalnya, menjadi proaktif dan bentuk jejak digital menjadi sesuatu yang seseorang dan organisasi inginkan, serta selalu monitor jejak digital pribadi.
Belanja online dapat menumbuhkan sikap konsumtif dan menuntut ketelitian dalam berbelanja agar tidak dirugikan. Untuk itu sebagai warga masyarakat harus berhati-hati untuk membeli barang secara online dan harus selektif, sehingga dapat mengatur skala prioritas dalam diri sesuai dengan kebutuhan.
Etika pelayanan bisnis di media digital antara lain, komunikatif dalam pemasaran, jujur dengan memberika foto asli produk yang dijual, sesuaikan estimasi waktu dalam deskripsi dengan situasi stock barang, bersikap rendah hati dan membuka diri untuk dikritik dan dipuji, serta bertanggung jawab dengan memberikan pelayanan yang terbaik terhadap komplain konsumen dengan mengganti produk atau pengembalian uang.
Program Literasi Digital Kementerian Kominfo 2021 digelar bagi masyarakat di Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, Kamis (29/7/2021).