29 Pejabat Eselon II di Taput Ikut Uji Kompetensi
TAPANULI UTARA- Dalam rangka rotasi dan penyegaran Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) atau disebut pejabat Eselon II, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melakukan uji kompetensi guna mengukur kematangan dan merotasi pejabat sesuai amanat undang-undang.
Uji Kompetensi terhadap 29 Pejabat Eselon II dibenarkan Sekda Taput Indra Simaremare diruang kerjanya, Selasa (5/4/2022). "Benar, ada 29 jabatan Eselon II yang akan kita uji kompetensi,"ucap Indra Simaremare.
Indra menyebutkan, tahapan uji kompetensi diawali pengumuman tanggal 2 April, 6 April penyerahan makalah, 7-11 April pemaparan makalah oleh peserta uji kompetensi sekaligus wawancara, 12 April penyampaian hasil kepada pejabat pembina kepegawaian, 18-19 April penyampaian kepada Komisi Aparatur Negara.
"Uji kompetensi tersebut nantinya sebagai dasar Bupati Taput melakukan rotasi untuk penyegaran. Selain rotasi dan penyegaran, juga karna adanya perubahan struktur organisasi, ada juga pejabat sudah menduduki jabatannya lebih lima tahun. Tidak ada yang non job, ya karna jabatan mereka saja yang dirotasi. Dan dijadwalkan akhir April sudah dilantik Bupati,"pungkasnya.
Adapun nama Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang akan uji kompetensi yakni
Inspektur, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab, Asisten Administrasi Umum Sekdakab, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum.
Selanjutnya, Direktur RSU Daerah Tarutung, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemudian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Perpustakaan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Kepala Dinas Perhubungan dan Sekretaris DPRD.
Penulis : Alponso