Kadis Perdagangan Kota Tebing Tinggi Gul Bahri Siregar saat membuka Pelatihan Digital Marketing kepada puluhan pelaku UMKM. PALAPAPOS/Ronald Pasaribu

TEBING TINGGI – Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tebing Tinggi mendapat pelatihan Digital Marketing selama 4 hari dari Dinas Perdagangan Kota Tebing Tinggi di Aula Hotel Malibo Jalan Jend Sudirman Kota Tebing Tinggi, Senin (13/7/2020).

Kegiatan empat hari kedepan ini dibuka Kadis Perdagangan Kota Tebing Tinggi Gul Bakhri Siregar dan menghadirkan narasumber sekaligus motivator, Nurainun Syahril (CEO PadiMall Indonesia) dan Yoffi Andinata (Dir Professional IHT) dari Kota Medan.

Gul Bakhri Siregar menyampaikan, masih banyak dari pelaku UMKM masih belum paham konsep mengenai digital marketing, pemasaran online atau e-commerce. Bagaimana membuat tampilan gambar produk menarik dilihat dan bagaimana cara menginput gambar dan spesifikasi produk UMKM pada sebuah marketplace online.

"Perkembangan dinamika pasar pada saat ini menuntut setiap orang untuk selalu bisa berinovasi dalam mengembangkan produk dan memasarkan produknya. Seiring dengan perkembangan teknologi berbasis online transaksi jual beli tidak hanya dapat dilakukan di pasar saja tapi sudah bisa dilakukan di rumah masing-masing," kata Kadis.

Dipaparkan Gul Bahri, dunia digital marketing bisa membuat agar calon customer tertarik pada penawaran produk.

“Kita bisa membuat iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi. Digital marketers (pemasar digital) terbaik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya,” ujarnya.

Selain bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer dapat membuat kampanye lebih besar melalui media gratis ataupun berbayar.

"Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran kita, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb) ataupun media aplikasi belanja online seperti tokopedia, bukalapak, blibli, shopee dan lainnya," jelasnya.

Dihadapan 40 pelaku UMKM mengikuti kegiatan, Gul Bakhri meminta agar serius mengikuti pelatihan digital marketing tersebut agar dapat output yang baik sehingga para peserta nantinya survive dan dapat menggunakan marketplace-marketplace baik itu melalui media sosial maupun aplikasi-aplikasi online. (nal)

Comments

Leave a Comment

Berita Lainnya

KTH Berjuang Panen Perdana Jagung di Dusun Parlombuan

TAPANULI UTARA - Kelompok Tani Hutan (KTH) Berjuang merupakan binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk menggelar panen perdana Jagung di Dusun Parlombuan, Desa Tapian Nauli III, Kecamatan Sipahutar

Menko Perekonomian: 3,7 Juta Akun Email Sudah Daftar Kartu Prakerja

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut 3,7 juta akun email telah mendaftar program Kartu Prakerja yang dicanangkan Pemerintah sebagai antisipasi bagi

KIBB: Bale Samatri Sangat Membantu UMKM

BEKASI – Kawan Intelektual Bekasi Bersatu (KIBB) mengatakan, program kemajuan yang digagas Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto atas pemikiran warga Kota Bekasi yang dinamakan Bale Sam

Salurkan Pinjaman Usaha, Tren Pertumbuhan Akseleran di Bekasi Terus Meningkat

BEKASI - Tren pertumbuhan Akseleran sebagai Fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang menyalurkan pinjaman usaha produktif bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terus me

Pengamat Ekonomi Unisma Bekasi: Revitalisasi Pasar Perlu Dukungan Semua Pihak

BEKASI - Empat pasar di Kota Bekasi yang masuk tahapan revitalisasi diharapkan mampu mendongkrak perekonomian daerah, menciptakan kemandirian, serta mensejahterakan masyarakat.

Produksi Nenas Sipahutar Taput Merambah Pasar Modern di Jakarta

TAPANULI UTARA - Produksi nenas Sipahutar Tapanuli Utara telah merambah pasar modern hingga ke Pulau Jawa. Bahkan, ketika puncak musim panen, bahkan nenas Sipahutar per harinya mampu keluar